Bantuan Dari PT PEMA Sangat Bermanfaat Bagi Kelompok Tani Musara Ate

Syukri

- Redaksi

Selasa, 27 Februari 2024 - 08:48 WIB

40216 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Alat Penyulingan Serai wangi pemberian PT PEMA

GAYO LUES- Beberapa bulan lalu, tepatnya pada 13 Desember 2023, anggota Kelompok tani Musara Ate Desa Padang Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues mendapat bantuan CSR Sarana Produksi (Saprodi) Pertanian untuk tanaman serai wangi dari PT Pembagunan Aceh (PEMA).

Waktu itu, bantuan diberikan berupa Mesin Pemotong Kayu (Senso) sebanyak 4 Unit, Alat Penyuling (Ketel) 4 Buah, Tenda 20 Buah, Parang 20 Buah, dan Sabit Sebanyak 20 Buah, jika ditotal bantuan tersebut bernilai Rp 25.000.000.

Setelah bantuan ini dimanfaatkan oleh anggota kelompok tani Musara Ate yang diketuai Abdul Taher, sangat berdampak terhadap hasil produksi serai wangi mereka, sebab dapat memudahkan dan mempercepat proses penyulingan sehingga sangat mendukung keberhasilan usaha para petani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dokumen penyerahan bantuan dari PT PEMA melalui Dinas Pertanian Gayo Lues Kepada Kelompok Tani Sara Ate

Disampaikan Ketua Kelompok Tani Musara Ate Abdul Taher, bantuan yang diberikan PT PEMA sangat bermanfaat bagi para anggota kelompok taninnya, bagai mana tidak, petani yang dulunya kesulitan melakukan panen dan menyuling daun serai wangi kini sudah lebih mudah memperoleh minyak Atsiri dari tanaman tersebut karena sarana produksi sudah lengkap.

Baca Juga :  Peringati Harganas ke 30, Kodim 0113/Gayo Lues Gelar Program KB Serentak

Abdul Taher sangat bersyukur karena telah mendapatkan bantuan dari PT PEMA yang kini dapat membangkitkan semangat para petani di desa Padang khusunya anggota kelompok tani Musara ate dalam mewujudkan peningkatan ekonomi dan perkembangan budidaya serai wangi.

“Dampaknya sangat bagus bagi pertanian Kami. Dulu sebelum dapat bantuan dari PT PEMA kami masih kesulitan melakukan pemungutan hasil serai wangi, seperti ketel (Alat Penyuling) masih terbatas kadang-kadang anggota kelompok tani harus menyewa punya petani yang lain,bahkan daun serai harus diangkut dari tempat yang jauh, namun kini alat penyulingnya sudah bisa kita bangun dilokasi perkebunan kelompok tani Sara Ate”, samapi Abdul Taher.

Selain itu, katanya, Untuk pengambilan Kayu bakar juga sudah mudah karena sensonya sudah kami miliki, pokoknya alat yang diberikan termasuk tenda, sabit dan parang sangat mendukung usaha pertanian kelompok tani Musara Ate.

“Alhamdulillah berkat alat pertanian yang diberikan hasil serai wangi kami meningkat dari sebelumnya hasil penyulingan hanya 120-130 Kg/Ha, kini setelah dapat bantuan dari PT PEMA Minyak atsiri serai wangi tersebut dapat kami peroleh sebanyak 150-160 Kg/Ha”, Terang Ketua Kelompok Tani itu.

Baca Juga :  Ratusan Atlit SMA Se Aceh Ramaikan O2SN di Gayo Lues

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Kadis Pertanian Juanda Syahputra, S.H.,M.H., menyampaikan, bantuan yang diberikan PT PEMA ini sangat berdampak baik terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten Gayo Lues, khususnya para petani serai wangi di desa Padang kecamatan terangun.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Mewakili Bapak Bupati Gayo Lues mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada PT PEMA yang telah membantu petani Gayo Lues khususnya petani serai wangi di desa Padag. Berkat bantuan tersebut dapat memudahkan proses panen dan meningkatkan hasil pertanian mereka” Sampai Kadis

Dia berharap pemberian bantuan ini ke depan dapat berlanjut, tidak hanya untuk komoditi perkebunan jenis serai wangi saja, namun bantuan sarana produksi untuk komoditi yang lain seperti tanaman hortikultura, sebab komoditi ini juga sangat berpotensi  dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” terangnya.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Satreskrim Polres Gayo Lues Berhasil Amankan Empat Pelaku Perjudian
Babinsa Komsos Dengan Warga Binaan
Babinsa Koramil Rikit Gaib Bantu Warga Jemur Padi
Babinsa Desa Reje Pudung Bantu Bersihkan Rumah Warga
Kebersamaan Babinsa Bersama Petani Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan
Babinsa Koramil 10/Pantan Cuaca bersama Masyarakat Memperbaiki Pipa Sauran Air Bersih
Babinsa Membantu Memediasi Tentang Sengketa Lahan Sawah Warga
Masih Dalam Suasana Idul Fitri, Anggota Koramil Blangpegayon Silaturahmi dan Halal Bihalal Ke Rumah Warga

Berita Terkait

Selasa, 30 Januari 2024 - 19:36 WIB

LPA Sumut Apresiasi Polres Langkat Gerak Cepat Tangkap Pelaku Kekerasan Seksual

Berita Terbaru